Cara Menghasilkan Uang Sebagai Influencer Sosmed
Baik Anda memulai bisnis, membangun bisnis sampingan, atau mengembangkan bisnis yang sudah sukses, Anda dapat memanfaatkan kekuatan media sosial.
Menjadi seorang influencer dengan hak Anda sendiri tidaklah sulit.
Anda dapat membangun kehadiran yang kuat, dan menggunakan strategi "pemasaran influencer" untuk memanfaatkan semakin banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu (dan uang) di media sosial.
Anda hanya perlu mengikuti tiga langkah ini.
Keputusan
Anda harus memutuskan apa yang ingin Anda jual secara online - baik itu produk fisik atau bahkan diri Anda sendiri sebagai influencer.
Ada dua hal utama yang harus diperhatikan dalam fase pengambilan keputusan.
Yang pertama adalah menemukan sesuatu yang ingin Anda jual dan yang Anda tahu dibutuhkan. Jika itu adalah sesuatu yang juga Anda sukai, itu bahkan lebih baik! Dan jika "Merek Anda" yang ingin Anda jual (dengan kata lain, Anda menjadi influencer), media sosial adalah cara yang tepat.
Setelah Anda membuat keputusan itu, penting untuk kemudian memilih audiens tertentu yang ingin Anda jual.
Jika, misalnya, Anda telah melihat peningkatan popularitas lilin kedelai dan Anda tahu ada pasar untuk lilin kedelai, Anda akan menggandakan langkah selanjutnya, menjadikan lilin kedelai pahlawan dari semua upaya media sosial Anda.
Penentuan posisi
Di dunia media sosial, setiap orang berjuang untuk dilihat dan didengar, untuk menembus kebisingan dan menonjol.
Jawabannya adalah positioning, yang semuanya tentang mengembangkan dan meningkatkan titik perbedaan dalam diri Anda (atau perusahaan Anda), bukan hanya produk Anda.
Orang cenderung melewatkan langkah pemosisian dan langsung beralih ke periklanan dan pemasaran, yang bukan cara terbaik untuk melakukan sesuatu jika Anda ingin menciptakan dampak yang cepat dan tahan lama.
Pakar periklanan David Ogilvy terkenal mengatakan "pemosisian harus diputuskan sebelum iklan dibuat", itulah mengapa langkah kedua dilakukan sebelum memutuskan platform apa yang akan digunakan atau membuat jenis materi iklan apa pun (yang akan kita diskusikan pada langkah ketiga).
Anda bisa dikenal sebagai influencer dengan audiens yang relatif kecil - itulah yang Anda lakukan dengan audiens itu dan cara Anda berkomunikasi dengannya yang penting.
Jika Anda ingin dikenal sebagai influencer di industri travel misalnya, apa yang membuat Anda berbeda dari influencer lain di area tersebut? Apakah kamu lucu? Berwisata dengan baik? Turun ke bumi atau kebalikan dari itu? Mungkin Anda benar-benar baru dalam perjalanan dan ini bisa menjadi titik perbedaan yang sangat baik.
Sebagai alternatif, jika Anda ingin mempromosikan produk di industri perjalanan, apa yang membuat produk tersebut unik? Anda perlu menginspirasi, memotivasi, dan mendidik audiens Anda dalam berbagai cara online, dan ada beberapa langkah untuk itu.
Hal pertama yang harus dilakukan saat Anda membangun pemosisian adalah memiliki ruang di ceruk. Ini berarti merangkul kepercayaan diri Anda dan siap untuk membagikan pengetahuan Anda secara bebas dan kreatif dengan audiens Anda.
Bertahanlah bahwa Anda adalah ahlinya dan apa yang Anda katakan itu penting. Ini tentang mengembangkan kepercayaan diri dan kepastian sebelum Anda mulai mengembangkan posisi Anda.
Hal kedua yang harus dilakukan untuk menggunakan pemosisian sebagai alat untuk menciptakan pengaruh dan pengaruh dengan cepat adalah mulai berbagi pendapat dan pemikiran ini di bidang keahlian Anda secara online - ini umumnya dikenal sebagai kepemimpinan pemikiran.
Mengembangkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran membantu Anda menciptakan pengaruh dengan cepat dan memperkuat pemosisian Anda karena ini didasarkan pada fondasi yang kokoh - Anda.
Penentuan posisi sangat penting untuk memengaruhi pembangunan dengan cepat karena hal itu menciptakan titik perbedaan dan ruang bagi Anda untuk memotong kebisingan online. Setelah Anda memiliki ini, saatnya untuk mulai membagikannya secara online.
Platform
Anda tidak perlu berada di setiap platform media sosial untuk menghasilkan uang dan membangun pengaruh, terutama jika Anda kekurangan waktu.
Praktik terbaik adalah menggunakan situs web Anda sebagai platform digital pertama yang Anda isi dengan konten. Anda akan menggunakan Facebook karena memiliki audiens terbesar dan paling dapat ditargetkan dari semua platform media sosial dan kemudian memilih Instagram atau LinkedIn sebagai platform berikutnya untuk digunakan tergantung di mana audiens Anda menghabiskan sebagian besar waktu.
Jika Anda memutuskan untuk menempuh jalur produk, setelah Anda memiliki produk bersumber atau dalam produksi, Anda dapat mulai mempromosikannya dengan memasang posting, foto, dan video.
Ini sangat efektif di Facebook dan Instagram, mengingat tingginya proporsi media visual yang diposting setiap hari. Ini bekerja pada segala hal mulai dari pakaian renang hingga lilin hingga tembikar. Pastikan Anda memiliki campuran foto bergaya yang menampilkan produk Anda serta beberapa gambar yang menunjukkannya secara langsung kepada orang-orang.
Petunjuk: Gunakan kedua platform ini dan selalu tambahkan gambar. Pelanggan enam kali lebih mungkin membeli produk jika halaman tersebut menyertakan gambar dari media sosial.
Jika ini tentang Anda menjadi influencer dalam industri pilihan Anda (juga dikenal sebagai mikro-influencer), maka sangat penting untuk memiliki foto Anda yang hidup dan menghirup filosofi Anda di bidang itu, dan artikel atau posting teks tempat Anda berbagi pendapat dan pengalaman.
Ketika Anda telah menerapkan langkah ketiga, Anda akan menemukan bahwa dengan konsistensi yang stabil audiens Anda akan membangun. Lebih banyak orang akan memperhatikan Anda dan Anda akan mulai dilihat dan didengar, yang mengarah pada kesuksesan.
Sementara audiens dan profil Anda berkembang, Anda dapat mulai menghasilkan uang untuk apa yang Anda lakukan, dan itu bisa hanya $ 50 untuk memposting dan berbicara tentang produk orang lain, atau komisi 20% untuk merekomendasikan produk orang lain, atau bahkan menghasilkan ribuan dolar jika Anda mempromosikan produk atau layanan Anda sendiri untuk dijual.
Pastikan untuk menjelaskan dalam posting Anda di mana dan bagaimana audiens Anda dapat membeli dari Anda (ini dikenal sebagai ajakan bertindak Anda) dan Anda sedang dalam perjalanan untuk menghasilkan uang menggunakan media sosial.