5 Cara Cerdas Menggunakan Medsos untuk Menemukan Ide Bisnis Baru
Media sosial bukan lagi cara untuk menghabiskan waktu. Platform ini dapat membantu Anda mencari pekerjaan, memasarkan produk, dan terhubung dengan kontak yang berharga. Mereka bahkan bisa mencetuskan ide bisnis.
Alih-alih menelusuri timeline Facebook dan umpan Twitter Anda tanpa tujuan, berikut adalah 5 cara cerdas menggunakan media sosial untuk menemukan ide bisnis baru.
1. Cari pertanyaan di subreddits.
Jika Anda mencari ide produk atau layanan teknologi baru, kunjungi situs media sosial berita dan hiburan Reddit dan mulailah menjelajahi subreddits (area subjek). Secara khusus, orang yang mencari ide bisnis baru harus meninjau subreddit dan menggunakan fitur Ask Me Anything, tempat pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada pakar dan selebriti yang dapat mengungkap ide potensial untuk bisnis kecil atau menengah.
2. Lihat komentar di Pinterest.
Jika baat Anda terletak dalam mengidentifikasi atau menciptakan produk hebat yang harus dimiliki berikutnya, dapatkan akun Pinterest. Situs media sosial berbasis gambar menyediakan aliran gambar baru yang konstan untuk membuat Anda berpikir kreatif tentang ide bisnis baru.
"Dari semua situs media sosial, Pinterest adalah salah satu yang terbaik untuk melihat tren produk panas berikutnya," kata Gail Oliver, konsultan bisnis kecil dan blogger di Attention Getting Marketing. Oliver mengatakan bahwa dia melihat banyak pernikahan, dekorasi rumah, dan tren mode lepas landas karena Pinterest.
Pengguna Pinterest dapat memantau komentar tanpa memberi tahu pengguna lain dan melihat seluruh situs tentang pendapat orang tentang setiap pin. Oliver mengatakan bagian komentar yang sering diabaikan memberikan lebih banyak inspirasi untuk ide-ide baru daripada beberapa situs media sosial lainnya.
"Komentar juga dapat dilihat oleh semua orang, jadi Anda dapat melihat apa yang dikatakan orang," kata Oliver.
Pinterest baru-baru ini mulai mendukung tagar pada pin, yang merupakan kemenangan bagi pemilik bisnis dan individu yang ingin memulai bisnis. Anda sekarang dapat memasukkan hashtag yang relevan di bilah pencarian untuk menemukan pin yang relevan dengan cepat. Anda mungkin dapat menemukan pin khusus populer yang dapat memicu ide.
3. Mengungkap jaringan dan aplikasi media sosial yang tidak terdeteksi.
Untuk sumber konten kaya ide media sosial lain yang sebagian besar belum dimanfaatkan, gunakan ponsel cerdas Anda untuk menjelajahi salah satu jaringan sosial seluler yang kurang dikenal atau mengunjungi jaringan belanja sosial. Jika aplikasi bukan milik Anda, coba kunjungi beberapa situs sosial khusus untuk mendapatkan inspirasi.
"Saya pikir situs berbagi sosial seperti Wanelo [komunitas belanja dunia online] dan Loverly [didedikasikan untuk belanja pernikahan] lebih baik untuk mengidentifikasi peluang bisnis," kata Oliver, karena mereka mengukur minat dan persetujuan orang dengan keseluruhan sistem "suka" , alih-alih hanya mengukur reaksi pengikut Anda.
4. Lihat pesaing Anda.
Cara tersembunyi untuk menemukan ide bisnis baru adalah dengan diam-diam memantau aktivitas media sosial para pemain besar atau pesaing di industri potensial Anda.
"Trik menggunakan media sosial untuk menemukan ide-ide baru dan tetap mengikuti tren saat ini adalah dengan memantau pesaing Anda," kata Matthew Reischer, CEO LegalAdvice.com.
Ketika Anda melihat totalitas keterlibatan dari pesaing pasar Anda, Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pola keseluruhan yang memungkinkan Anda menghubungkan titik-titik untuk menemukan ide-ide baru, katanya.
"Baca konten pesaing Anda tentang industri dan tweet mereka tentang inisiatif baru di perusahaan mereka," tambah Reischer. "Perhatikan olok-olok sosial di antara semua peserta, dan Anda dapat mulai mengumpulkan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem pasar tempat Anda beroperasi."
5. Memperhatikan keluhan.
Media sosial adalah tempat utama untuk mengeluh tentang segala hal, termasuk produk dan layanan. Meskipun membaca keluhan mungkin bukan sore yang menyenangkan, jika Anda melihat banyak orang mengeluh tentang hal yang sama, Anda dapat mengidentifikasi celah di pasar.
"Orang tidak selalu tahu apa yang mereka inginkan, tapi mereka tahu betapa frustrasinya mereka," kata Dayne Shuda, pendiri Ghost Blog Writers. "Indikasi yang baik bahwa Anda sedang melakukan sesuatu sebagai wirausahawan adalah ketika Anda melihat rasa frustrasi yang sangat umum. Media sosial memberikan kemampuan untuk mengamati hal ini seperti sebelumnya dalam sejarah."
Nicky Barua, salah satu pendiri Nidel Dresses, juga merekomendasikan untuk melihat keluhan dan bagaimana orang menerima produk berbeda yang Anda minati.
"Anda dapat mengambil langkah lebih jauh dan mencari di forum apakah ada pasar besar yang menghadapi masalah yang sama," kata Barua. "Itu waktu yang tepat untuk menghasilkan ide bisnis Anda dan masuk dengan solusi."
Sumber : https://www.businessnewsdaily.com/6574-social-media-business-ideas.html